Kamus Bahasa

Seputar dialek kosakata diberbagai daerah di Indonesia beserta artinya terutama pulau jawa

Wisata Indonesia

Explore tempat wisata atau liburan diberbagai daerah di Indonesia

Kabupaten Bojonegoro

Seputar informasi yang ada di kota bojonegoro jawa timur

Arti dan Makna Filosofi Lambang PMII

Makna Filosofis Lambang PMII - Lambang PMII mempunyai bentuk seperti Perisai, yang mana perisai tersebut di bagi menjadi dua bagian, yakni dibagian atas berwarna kuning, dan yang bawah berwarna biru laut. pada bagian tengah-tengah lambang terdapat tulisan PMII, di perisai bagian atas ada 5 (lima) bintang, dan perisai bagian bawah terdapat 4 (empat) bintang.
Setiap bagian/unsur yang ada di lambang PMII mempunyai Arti atau Makna Filosofis sendiri-sendiri. adapun penjelasan makna dari unsur-unsur yang ada di logo /lambang PMII adalah sebagai berikut.

Makna Perisai

Bentuk Perisai yaitu melambangkan ketahanan, dimana setiap kader PMII diharuskan untuk bisa bertahan semaksimal-maksimalnya, serta tidak mudah terpengaruh oleh situasi dan kondisi apapun, oleh siapapun, dan dimanapun. Karena mundur satu langkah adalah sebuah bentuk pengkhianatan. Bentuk perisai yang terpisah menjadi dua bagian ini untuk membedakan kedudukan bagian atas dengan bagian bawah.

Makna Bintang

Pada lambang PMII terdapat 9 (sembilan) bintang. dimana bintang Lima yang berada diatas ada bintang yang ukurannya paling besar dhantara bintang-bintang yang lainnya, tepatnya berada ditengah, bintang besar ini dilambangkan Nabi Muhammad SAW, dan disamping kanan dan kiri bintang besar, ada empat bintang yang sedikit lebih kecil dari yang ditengah, bintang ini dilambangkan Khulafaur Rasyidin, yaitu sahabat sahabat Nabi yang hidup dimasa nabi dan yang menggantikan kepemimpinan ISLAM setelah Nabi Muhammad wafat, mereka diantaranya adalah Abu Bakar as Sidiq, Umar bin Khatab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

Sedangkan, untuk empat bintang yang ada dibagian bawah melambangkan empat madzhab yang dianut Ahlussunah Wal Jama'ah. yakni Imam Hanafi, Imam Maliki, Imam Syafii, dan Imam Maliki. Dan jika semua bintang digabung jumlahnya ada 9 (sembilan) yang melambangkan Wali Songo,yaitu para Ulama yang menyebarkan agama Islam di negeri Indonesia khususnya di pulau Jawa, diantaranya adalah Sunan Maulana Malik Ibrahim, Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Giri, Sunan Drajad, Sunan Kudus, Sunan Gunung Jati, Sunan Kalijogo, dan Sunan Muria.

Makna Warna

Pada lambang atau logo PMII terdapat dua warna, yakni kuning dibagian atas dan biru laut dibagian bawah. Warna kuning ini melambangkan keintelektualan yang tinggi.Diharapkan semua kader PMII bisa mempunyai pemikiran yang cemerlang, punya ide yang kreatif, dan bisa berfikir setinggi langit dan secerah warna kuning.

Sedangkan Warna biru yang berada dibagian bawah, melambangkan kedalaman ilmu yang terkandung dalam PMII, dimana semua kader PMII harus mampu dan mau mencari ilmu sedalam - dalamnya, sedalam laut samudra.

Sumber : Modul Mapaba ke XI, 2019. Pengurus Rayon PMII Syari'ah Sunan Giri Bojonegoro
Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP