Kamus Bahasa

Seputar dialek kosakata diberbagai daerah di Indonesia beserta artinya terutama pulau jawa

Wisata Indonesia

Explore tempat wisata atau liburan diberbagai daerah di Indonesia

Kabupaten Bojonegoro

Seputar informasi yang ada di kota bojonegoro jawa timur

Penjelasan Arti atau Makna Nama PMII

PMII adalah singkatan dari kata "Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia". dimana dari keempat kata yang ada tersebut mempunyai arti dan makna tersendiri, diantaranya adalah Pergerakan, Mahasiswa, Islam, dan Indonesia. adapun penjelasan arti setiap kata tersebut adalah sebagai berikut.

PERGERAKAN
Secara umum pergerakan adalah sebuah kegiatan perpindahan tempat, seperti berjalan, makan, minum, menulis, berbicara, dan lain sebagainya. Tapi dalam hal ini yang dimaksud pergerakan adalah dinamika hamba atau makhluk yang senantiasa bergerak menuju tujuan idealnya. Sebuah tindakan yang apabila kita mendapat masalah, kita harus menyikapinya dan harus bergerak untuk menyelesaikan masalah tersebut, bergerak untuk mengembangkan potensi dalam memberikan kontribusi positif pada masyarakat.

MAHASISWA
Di dalam kampus arti Mahasiswa sendiri adalah golongan yang menuntut ilmu disalah satu Universitas Perguruan Tinggi. hal itu memang benar, tapi arti Mahasiswa disini lebih ditekankan kepada Peran dan Tanggung jawabnya, yang dimana Mahasiswa mempunyai identitas sebagai Agen Of Change, Agen of Sosial Control, dan Agen of Innovation.

Mahasiswa bukanlah seperti siswa SD, SMP, maupun SMA. Oleh sebab itulah Mahasiswa mempunyai peran dan tanggung jawab lebih besar. Karena tidak lagi memikirkan dirinya sendiri tapi juga diri orang-orang disekitamya, termasuk juga menjadi tulang punggung bangsa dan Negara. Dari identitas tersebutlah terpantul tanggung jawab keagamaan, Intelektual, Social kemasyarakatan, dan individu (Diri sendiri), baik sebagai hamba Allah ataupun sebagai warga Negara dan bangsa.

ISLAM
Islam adalah Agama yang paling benar di sisi Allah, yang dibawa atau disampaikan oleh Rasululllah Muhammad SAW. Agama Rahmatan Lil Alamin yang dipahami dengan Ahlussunnah Wal Jamaah sebagai konsep agama dengan pendekatan profesional antara iman, islam, dan ihsan. yakni Islam yang terbuka, menerima dan menghargai segala bentuk perbedaan yang ada. Karena perbedaan merupakan sebuah rahmat, yang dengan adanya perbedaan itulah kita dapat saling berdialog antara satu sama lainnya demi untuk mewujudkan tatanan yang demokratis dan beradab.

INDONESIA
Yang dimaksud Indonesia adalah Masyarakat, bangsa, dan negara yang mempunyai falsafah dan ber ideologi Pancasila serta Undang-Undang 1945. Dan seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan Negara yang sangat subur, Kaya akan Sumber Daya Alam, Kaya akan Budaya, Kaya akan Seni, Tanah kelahiran kita, Negara yang telah mendidik kita menjadi seperti saat ini, Negara kebanggaan kita, dan pastinya kita harus dan wajib untuk menjadikan Negara ini lebih maju, lebih makmur, lebih indah, dan lebih baik dari sebelumnya.

Sumber : Modul Mapaba ke XI, 2019. Pengurus Rayon PMII Syari'ah Sunan Giri Bojonegoro
Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP